Kamis 25 Aug 2022 18:21 WIB

Cara Praktis Melindungi Cat Kendaraan

Sebagian produk perawatan cat kendaraan bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Sebagian produk perawatan cat kendaraan bisa diaplikasikan sendiri di rumah.
Foto: Piqsels
Sebagian produk perawatan cat kendaraan bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG --Tampilan kendaraan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh sebagian besar pengendara. Oleh karena itu, beberapa produsen autocare pun menghadirkan inovasi agar pengendara bisa melakukan perawatan cat kendaraan dengan mudah.

Salah satu produsen yang ikut menyajikan inovasi adalah brand perawatan kendaraan dengan merek Mothers. Manager Produk Mothers Indonesia, Sing Tani mengatakan, salah satu produk andalan dari produk asal Amerika itu adalah produk ceramic spray coating bernama CMX.

Baca Juga

"Dengan produk ini, pengendara bisa melakukan coating permukaan body kendaraan dengan mudah tapi memberikan hasil selayaknya hasil pada jasa salon mobil," kata Sing Tani kepada Republika.co.id saat dijumpai di booth Mothers dalam GIIAS 2022 beberapa waktu lalu.

CMX sendiri merupakan buah inovasi dari Mothers karena diracik dengan formula khusus demi bisa memberikan perlindungan yang optimal dan memberikan efek daun talas. Inovasi itu diwujudkan lewat penerapan formula yang mengandung SiO2 atau silicon dioxide dan TiO2 atau titanium dioxide. Dengan formula yang diracik dengan nano quartz technology itu, maka produk yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 440 ribu itu bisa memberikan hasil coating yang optimal.

"Silicon dioxide dipilih sebagai bagian dari formula demi dapat memberikan efek deep glass like ultra durable finish. Sedangkan titanium dioxide dipilih agar produk ini bisa memberikan perlindungan dari goresan," ujarnya.

Produk super-hydrophobic protection ini dihadirkan sebagai produk yang menghindari bercak dan jamur bekas cipratan air dan memberikan kilau serta perlindungan dari goresan. Meski memberikan hasil professional grade seperti pada salon mobil, tapi produk ini bisa digunakan dengan mudah.

Menurutnya, pengendara cukup mengawali langkah polish dan coating dengan membersihkan seluruh permukaan body kendaraan. Jika sudah bersih, pengendara cukup menyemprotkan CMX pada seluruh bagian permukaan body.

Kemudian, seka cairan itu dengan lap microfiber hingga kering. Selanjutnya, diamkan permukaan itu selama 24 jam agar cairan bisa melekat pada permukaan body dengan optimal. Disarankan, seluruh proses itu dilakukan dalam garasi yang tertutup sehingga terhindar dari cipratan air dan terhindar dari debu.

Menurutnya, dengan sekali pakai, produk ini bisa memberikan perlindungan sekitar 3 hingga 6 bulan tergantung kondisi pemakaian kendaraan. Oleh karena itu, agar bisa memberikan perlindungan yang optimal, disarankan agar produk ini bisa digunakan secara kontinyu dalam 3 atau 6 bulan sekali.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement